Paud Irida Center

Dalam rangka praktek penerapan mata kuliah Character Building : Pancasila yang kami dapatkan di perkuliahan BINUS University semester dua ini yang juga bekerja sama dengan UKM Teach For Indonesia, kami memilih PKK RW PAUD IRIDA CENTER sebagai lokasi tempat kami mengadakan pengajaran, khususnya pengajaran taman kanak – kanak.

Sebelum pengajaran berlangsung, kami telah menghubungi PIC dari PAUD Irida Center yaitu Ibu (nama kepsek) untuk meminta izin mengajar di PAUD Irida Center. Setelah bertemu dengan Ibu (nama kepsek), kami pun mendapat izin untuk mengajar di PAUD Irida Center.

Day 1

Pada tanggal 5 April 2017, kami memulai pengajaran di PAUD Irida Center. Kami tiba di PAUD tersebut pukul 8 pagi. Kemudian saat tiba di PAUD tersebut, kami disambut dengan baik oleh guru dan murid yang berada disana.

Pertama-tama, kita memperkenalkan diri masing-masing di depan para guru dan murid. Setelah kami memperkenalkan diri, kami langsung melaksanakan salah satu kegiatan mereka pada hari itu. Hari pertama mereka melukis di pot bunga dengan cat air di luar kelas.

Sebelum melakukan proses belajar mengajar, kami selalu mengawali dengan pembacaan doa yang dipimpin oleh Ibu (nama kepsek). Setelah melakukan pembacaan doa menurut agama dan kepercayaan masing – masing, kami pun langsung melakukan melukis di pot bunga. Kami sebagai kakak pembimbing hanya mengawasi dan membantu melukis pot.
Setelah melukis pot selesai, siswa dan siswi pun diberi waktu untuk istirahat. Seperti biasa, sebelum memulai makan, sudah diwajibkan untuk membaca doa bersama dan mencuci tangan terlebih dahulu.

Waktu tak terasa menunjukan pukul 10:00, saatnya siswa dan siswi masuk kelas kembali. Di dalam kelas kami mencoba menanyakan kembali apa saja yang di gambarkan oleh siswa-siswi tersebut di pot yang telah dia lukis.

Dalam pertemuan pertama ini, ada beberapa nilai yang kami dapatkan dari hasil mengajar yaitu mengetahui warna dan bentuk yang ada disekitar kita.

III. Kesimpulan

Pelaksanaan kegiatan pengajaran pada hari Rabu ini berjalan dengan cukup lancar, dengan adanya kerja sama yang baik dari kami per individu. Dengan adanya kegiatan tersebut kita membantu mereka untuk mengasah kreativitas dalam menggambar dan mewarnai.

Day 2

Pada hari Jumat, 7 April 2017 adalah kali kedua kesempatan kami untuk mengajar di PAUD IRIDA CENTER yang berlokasi di Jl. Irida raya Blok C no 1 Bekasi . Kami tiba di tempat tersebut pukul 8 pagi. Awal kedatangan kami selalu disambut dengan baik oleh guru-guru dan siswa siswi di PAUD IRIDA CENTER. Sebelum pengajaran dimulai, kami memulainya dengan doa pagi yang biasanya dilakukan oleh guru-guru dan siswa siswi. Setelah itu, kami ikut serta dalam olahraga senam pagi yang rutin dilakukan di PAUD IRIDA CENTER. Setelah melakukan senam pagi, siswa siswi dipersilahkan untuk beristirahat sejenak.

Pada Pukul 09.15, kami dipersilakan masuk ke dalam ruangan tempat dimana kami mengajar. Siswa-siswi sangat antusias dan penasaran apa yang akan kami ajarkan untuk minggu ini. Dengan tema Belajar Bahasa Inggris, kami membawa poster yang bergambar angka dan buah-buahan yang bertuliskan dalam Bahasa Inggris dan mulai mengajar para siswa-siswi mengetahui buah-buahan dan angka – angka dalam bahasa inggris serta artinya.

Setelah anak anak berkumpul di kelas kemudia suasana yang kondusif serta tetap aktif membuat kami semakin memiliki kebahagiaan saat mengajar. Kami bertanya angka berapakah yang kami tunjuk dan disebutkan dengan bahasa inggris. Setelah belajar dengan angka dalam bahsa inggris dan membantu mereka menyelesaikan pekerjaan rumah yang diberikan oleh guru mereka pada hari sebelumnya, kami mulai mengajar bahasa inggris dengan gambar buah-buahan dengan antusias anak anak yang semakin membuat kami senang selain itu tinnginya perasaan anak ingin mengetahui hal baru sangat membantu mereka untuk mudah memahami apa yang kami ajarkan. Tidak terasa waktu sudah menunjukan pukul 11.00, saatnya siswa siswi untuk pulang. Kami pun berpamitan pulang kepada guru-guru dan siswa siswi PAUD IRIDA CENTER.

Day 3

Pada hari Rabu, 12 April 2017 adalah kesempatan ketiga kami untuk mengajar di PAUD IRIDA CENTER yang berlokasi di Jl. Irida raya Blok C no 1 Bekasi . Kami tiba di tempat tersebut pukul 8 pagi. Awal kedatangan kami selalu disambut dengan baik oleh guru-guru dan siswa siswi di PAUD IRIDA CENTER. Sebelum pengajaran dimulai, kami memulainya dengan doa pagi yang biasanya dilakukan oleh guru-guru dan siswa siswi. Setelah itu, kita melanjutkan dengan mengajarkan matematika dasar kepada siswa-siswi dengan dibantu guru yang ada. Materi penjumlahan dan pengurangan menjadi materi dasar yang kami ajarkan pada mereka di hari ini.

Pukul 09.00 kami membantu para guru untuk menggiring siswa siswi yang tidak duduk rapih dan keluar kelas. Kami dipersilahkan untuk mengambil alih tugas guru-guru. Siswa siswi sangat antusias dan bersemangat dengan yang akan kami ajarkan untuk minggu ini. Kami ingin membangun pemikiran yang teliti dan dapat berpikir dengan cepat. Jadi pada minggu ini kami mengajarkan matematika dasar kepada para murid. Para siswa siswi sangat lah antusias dalam mengerjakan kegiatan ini.

Setelah membantu mereka mengerjakan matematika yang merupakan PR yang diberikan oleh guru, kami pun membantu menyeselaikanya didepan kelas perlahan – lahan agar mereka dapat mengingat dan mengerjakannya dengan baik. Tidak itu saja, kami pun menyebar keseluruh kelas untuk memeriksa setiap siswa siswi agar mereka mengerjakan dengan baik. Kami pun melakukan itu hingga mereka dapat menghitung dengan cepat dan lancar dalam penjumlahan dan pengurangan. Saat ditanya ibu guru pun kami membantu mereka yang tengah kesusahan, tanpa mereka minta, kami pun akan mendatangi tempat mereka dan membantu mereka. Waktu pun cepat berlalu, tepat pada pukul 10.00, waktu mereka untuk makan. Kami pun berpamitan dan membantu mereka mengambil makanannya. Setelah selesai kami pun berpamitan pulang kepada guru-guru dan siswa siswi di PAUD IRIDA CENTER.

Day 4

Pada hari Senin, 17 April 2017 adalah kali terakhir kami untuk mengajar di PAUD IRIDA CENTER yang berlokasi di Jl. Irida Raya Blok C no. 1 Bekasi . Kami tiba di tempat tersebut pukul 8 pagi. Awal kedatangan kami selalu disambut dengan baik oleh guru-guru dan siswa siswi di PAUD IRIDA CENTER. Sebelum pengajaran dimulai, kami memulainya dengan doa pagi yang biasanya dilakukan oleh guru-guru dan siswa siswi. Setelah itu, kita melanjutkan dengan belajar mengajar seperti biasa sambil membagi-bagikan makanan ringan yang telah kami beli untuk dikasihkan pada murid-murid PAUD IRIDA CENTER agar anak-anak tersebut lebih bersemangat dalam merespon pertanyaan yang kami ajukan maupun dalam kegiatan pembelajaran.

Pukul 09.30 kami dapat beristirahat sejenak dan para murid-murid juga mendapatkan jam istirahat untuk mengisi perut agar tidak lemas dan dapat berkonsentrasi dalam proses pembelajaran. Murid-murid dapat bersemangat kembali setelah mendapatkan energy mereka kembali. Pembelajaran kali ini kami ingin membangun konsentrasi dan daya fokus para murid agar dapat cepat dan tanggap dalam merespon sesuatu. Jadi pada hari ini kami mengajarkan materi materi dasar yang biasanya mereka dapatkan dari guru mereka sehari-hari.
Setelah membantu mereka belajar seperti biasa dan terus mengulang materi yang biasa mereka dapatkan sehingga mereka dapat mengingat materi yang telah diajarkan dan tidak dilupakan begitu saja. Tidak itu saja, kami pun menyebar keseluruh kelas untuk memeriksa setiap siswa siswi agar mereka menegerti dan memahami dengan baik. Kami pun melakukan itu hingga mereka dengan mudah menanggapi pertanyaan pertanyaan kami dengan semanagat dan keyakinan akan jawaban mereka sendiri . Waktu pun cepat berlalu, tepat pada pukul 11.00, waktu mereka untuk pulang. Kami pun berpamitan dan membantu mereka rapih rapih bersiap pulang. Setelah selesai kami pun berpamitan pulang kepada guru-guru dan siswa siswi di PAUD IRIDA CENTER.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *